Nyoba nulis lagi, let’s start with wall-e

Dah 2 bulan ga posting disini, tadinya rehat mempersiapkan sidang dan tektek bengek administrasi kelulusan, ga sangka jadi males keterusan. Makanya nyoba nulis lagi, dimulai dengan yang ringan aja deh.

Akhirnya hari ini, 17 agustus 2008, punya kesempatan untuk jalan-jalan bersama ketiga adikku. Baru sadar bahwa selama ini jarang sekali menyempatkan waktu untuk main keluar bareng mereka, terlalu sibuk dengan urusan sendiri.

Singkat kata kami memutuskan untuk nonton wall-e d ciwalk, dengan pertimbangan itu film keluarga yang tidak akan membuat kami merasa “aneh”, karena harus mengakomodir seorang sarjana; seorang mahasiswa; seorang siswi sma; dan seorang siswi smp, yup film itu yang kita kira paling cocok. Dari rencana nonton jam 1 siang diralat menjadi jm 3 dan akhirnya baru kesampean nonton jm 5, ternyata kurang menganstisipasi kemacetan kota bandung oleh eksodus warga jakarta yang mendambakan refreshing.

Dan there we are, bersama penonton lain yang kebanyakan emang bersama keluarga.

Kesan pertama yang muncul, mantap pisan gambarnya!

Film ini selain bisa mengakomodir selera kami semua, film ini juga secara punya pesan yang baik dan bisa diterima siapa saja. Setidaknya ada tiga pesan utama yang kami sepakati ada di film itu( beware of spoiler)

1. Jangan terlalu tergantung pada teknologi! Diliatin disini bahwa manusia menjadi obesitas dan tidak aware dengan lingkungan sekitarnya karena dimanjakan oleh teknologi yang diwakili oleh pelayanan dari robot, Yang paling keliatan waktu diliatin foto para kapten yang bertransformasi dari atletis menjadi obesitas. Hal lain adalah setinggi apapun teknologi yang dicapai oleh manusia, yang namanya decision making itu tetep harus dan akan berada ditangan manusia, sehebat apapun mesin dan software tidak akan dan tidak boleh menggantikan manusia sebagai decision maker, dalam film ini diilustrasikan oleh konflik antara sang kapten dengan autopilot.

2. Bila manusia tidak menyelesaikan permasalahan lingkungan dari sekarang maka manusia akan menerima akibat yang sangat buruk! Hal ini diperlihatkan dengan adanya evakuasi total manusia dari bumi karena menumpuknya sampah sehingga bumi tidak lagi dapat menopang kehidupan. Jadi inget filmnya al-gore.

3. Hati-hati dalam menyikapi korporasi yang terlalu besar, berkuasa, dan menguasai hajat hidup orang banyak. Saking berkuasanya sampai bisa mengalahkan otoritas dari pemerintah suatu negara. Makanya UUD 45 itu dah bener ketika bilang bahwa hajat hidup orang bayak itu harus dikuasai dan dikelola oleh negara( dengan catatan negara mengelolanya secara benar untuk kepentingan masyarakatnya!). Korporasi raksasa dalam film ini diwujudkan dalam perusahaan bernama buy and large.

Yang saya liat pesan besar dari wall-e adalah bila manusia saat ini tidak merubah gaya hidupnya, maka dimasa depan kita akan menghadapi masalah BESAR!!!

Filmnya sendiri sangat indah, bisa menunjukkan cerita dan emosi dari karakternya tanpa banyak kata-kata. Jangan lupa, karakter utamanya adalah robot! Pasti sangat sulit untuk menghadirkan karakter dan emosi pada sebuah benda mati, terlebih lagi tanpa kata-kata…Salut!

Animasinya sudah barang tentu mantabs, disney pixar gitu…Ga perlu dikomentarin.

Beberapa hal yang miss adalah kemampuan si wall-e buat nyebut kata eve. Tiba-tiba bisa bilang eve, secara teknis aneh tuh, wakakakak. Terus waktu si wall-e rusak dan menjadi “amnesia” ketika salah satu komponennya diganti, kata saya lebih masuk akal untuk membiarkan wall-e lupa ingatan, toh saya pikir(dengan ke sok tahuan tingkat atas) yang digantinya itu memory nya, wakakakak lg karena namanya juga film kartun, ko ngebahas teknis.

Tapi ada beberapa bagian cerita yang seharusnya masih bisa dikembangin, terutama eksplorasi karakter dan cerita manusianya. Juga robot-robot rusak yang ga jelas juntrungannya, kecuali robot pembersih kecil itu tentunya. Atau karena saya ngerasa masih pingin liat film itu lebuh lama lagi, hehehe.

Overall this movie is great and beautifull!!!

Recommended buat ditonton bareng keluarga!

Iklan

3 responses to “Nyoba nulis lagi, let’s start with wall-e

  1. 4 orang adik-kakak teh pd mirip ga si?
    pasang foto mereka dong

  2. Update atuh ong blogna.. Kisah maneh di McD kumaha…

  3. euhhh,,,
    udh kerja malah tampak semakin jrg ngupload..
    hehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s